Cara menjaga kesehatan gigi dimasa pandemi - ADinda's Blog

Selasa, 08 Desember 2020

Cara menjaga kesehatan gigi dimasa pandemi

Sumber : https://www.msn.com/id-id/berita/other/cara-menjaga-kesehatan-gigi-di-masa-pandemi/ar-BB1bC3d6?pc=EUPP_ 






Jakarta: Menjaga kesehatan gigi dan mulut mungkin jadi hal yang terlupakan pada masa pandemi covid-19. Pada saat ini, memang menjaga sistem imunitas tubuh agar tetap baik merupakan hal yang penting.

Akan tetapi, kesehatan gigi dan mulut juga tidak boleh terlupakan, karena jika tidak dirawat bisa menyebbabkan gigi berlubang dan permasalahan lainnya. Secara umum, saran dokter gigi adalah menjaga rutinitas harian menyikat gigi dan flossing untuk mencegah kerusakan gigi.

“Tujuan utamanya sangat sederhana yaitu untuk pengendalian plak,” kata Daniel Rodda, DDS, pemilik Oasis Dental Care di Flagstaff, Arizona. Dia menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari dan flossing sekali sehari.

Selain itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah sebagai berikut:

 

1. Makanan yang dikonsumsi

Apa yang kita konsumsi sangatlah penting. Chris Strandburg, DDS, juru bicara Waterpik menyarankan untuk menghindari ngemil berlebihan. Makanan atau minuman bertepung menyebabkan asam di mulut kita, yang melarutkan permukaan gigi.

“Semakin sering gigi kita terkena asam ini, semakin lemah gigi kita,” kata Strandburg kepada Healthline.

Mark Burhenne, DDS, founder AsktheDentist.com juga merekomendasikan untuk menghindari karbohidrat non-serat, yang bertindak seperti gula langsung dan berkontribusi pada penumpukan plak pada gigi. Usahakan untuk menghindari makanan olahan sebisa mungkin, untuk melindungi kesehatan mulut.

 

2. Usahakan sikat gigi tetap bersih

“Jika kamu mencurigai covid-19 ada di sekitarmu, jangan lupa untuk melakukan disinfeksi pada sikat gigi. Jaga sikat gigimu dengan baik, karena ini sangat sensitif dalam penyebaran virus,” saran Mike Golpa, DDS, kepala eksekutif pusat implan gigi G4byGolpa.

Setiap kali kita menyiram toilet, akan menghasilkan aerosol. Dan, kebanyakan orang menyimpan sikat giginya berdekatan dengan toilet. Untuk itu, usahakan menyiram toilet dalam keadaan tertutup.

"Merendam sikat gigi dengan campuran obat kumur dan hidrogen peroksida juga dapat membuat sikat tetap bersih," ujar Kartik Antani, DDS, seorang dokter gigi di Napa Family Dental, New Mexico.

 

3. Melakukan perawatan gigi hanya dalam keadaan darurat

Pada masa pandemi, banyak dokter gigi yang melayani konsultasi melalui telemedicine seperti melalui telepon atau video. Kecuali jika kamu merasa sangat sakit di gigi atau mengalami pembengkakan.

"Dalam kondisi seperti itu, cobalah untuk berkonsultasi melalui telemedicine karena dokter bisa memberikan resep yang kamu butuhkan,” ujar Todd A. Ross, DDS, seorang asisten klinis asisten profesor di NYU College of Dentistry.

Sementara itu pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Selain konsisten merawat gigi, jangan lupa juga selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.

Tidak ada komentar:

@Afrzdindaf_